Cara Melakukan Check-In Di Bandara

Kini setiap orang dapat menikmati perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Pilihan harga tiket yang semakin murah dari jajaran Low Cost Airlines membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin travelling atau liburan ke luar negeri atau dalam kota dengan biaya perjalanan yang relatif murah dan cepat. Bagi kamu yang pertama kali naik pesawat terbang, mungkin naik pesawat sedikit membingungkan daripada naik moda transportasi lainnya seperti kereta api atau bis. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat naik pesawat terbang pertama kali, dari check in hingga saat boarding.

Pertama, siapkan tiket pesawat yang kini dapat dibeli secara online melalui website pemesanan tiket .Selesai melakukan pemesanan, Anda akan dikirimkan e-ticket melalui alamat e-mail yang Anda daftarkan untuk memesan tiket pesawat untuk dicetak dan dibawa saat keberangkatan di bandara. Anda bebas menentukan apakah ingin membeli tiket pesawat pp ataupun hanya untuk satu kali perjalanan sesuai dengan rencana perjalanan yang sudah Anda rancang.

Kedua, ketahui maskapai penerbangan yang Anda gunakan untuk perjalanan dan perhatikan terminal bandara pesawattersebut. Saat masuk ke terminal bandara Anda tinggal menunjukkan tiket pesawat yang sudah Anda beli sebelumnya. Siapkan tiket di dalam tas kecil khusus menaruh ponsel serta dokumen-dokumen perjalanan seperti kartu identitas, paspor, dan tiket pesawat agar Anda tidak membuang waktu mencarinya lagi di bandara saat Anda ingin Check In.


Ketiga, bawalah barang bawaan seperlunya, karena di bandara Anda akan melewati pengecekan barang tiga kali, mulai dari lapis pertama sebelum ke konter check in dan lapis kedua dan ketiga sesaat sebelum memasuki boarding room. Pisahkan barang yang berharga ke tas tersendiri yang bisa dibawa ke dalam bagasi kabin atau disimpan di tas tangan yang bisa Anda bawa dalam kabin. Pastikan juga Anda memperhatikan kuota bagasi yang sudah ditentukan oleh masing-masing maskapai penerbangan.


Keempat, lakukan check in di konter maskapai penerbangan yang ingin Anda naiki. Siapkan KTP dan tiket pesawat yang sudah dicetak. Apabila masih belum memahami dimana konter check in penerbangan Anda, petugas bandara terdekat akan senang hati memberitahukan Anda. Setelah check in, Anda akan mendapatkan sebuah boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Di boarding pass akan tertera nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan pesawat Anda.


Kelima, di konter check in, Anda harus menyiapkan tas yang akan Anda taruh di bagasi pesawat. Letakkan tas di timbangan yang berada di sebelah petugas, dan tas Anda akan diberi label khusus dan bukti nomor tas yang masuk bagasi oleh petugas. Jangan sampai bukti nomor tas ini hilang karena akan berguna saat Anda akan mengambil tas di bandara tujuan.


Keenam, selesai check in, Anda bisa segera masuk ke boarding room yang dipisahkan oleh gate. Duduklah di gate yang tertera di boarding pass. Tanya saja kepada petugas apabila Anda tak yakin. Di boarding room, Anda bisa menunggu pesawat dan untuk mengetahui status kedatangan pesawat Anda, perhatikan informasi rute pesawat dan nomor penerbangan yang akan diumumkan petugas.


Ketujuh, masuklah dalam pesawat dan cek kembali nomor kursi Anda. Bila kursi Anda berada di urutan nomor awal, naiklah dari pintu depan. Dan sebaliknya, jika kursi Anda memiliki nomor tengah sampai akhir, naik saja dari pintu belakang. Bila Anda membawa koper kecil yang muat di bagasi pesawat, Anda bisa langsung meletakkannya di bagasi kabin di atas kursi Anda. Jika Anda hanya membawa tas tangan kecil, tak perlu menaruhnya dalam kabin, Anda bisa memangkunya saat duduk. Selesai menaruh tas di bagasi kabin, duduklah dan kenakan sabuk pengaman.


Kedelapan, sampai di bandara kota tujuan, lepaskan sabuk pengaman sampai pesawat benar-benar berhenti. Untuk mengambil tas yang dititipkan di bagasi pesawat, Anda harus segera menuju ke tempat pengambilan bagasi sesuai nomor pesawat Anda dan tunjukkan nomor bukti penitipan ke petugas. Agar memudahkan pengambilan tas, sebaiknya di kota keberangkatan, Anda sudah memberikan tanda khusus atau luggage tag di tas yang Anda titipkan atau memilih warna tas dan koper yang mencolok.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Light Pada Pesawat Udara

Two Letter Code Maskapai Yang Berada Di Indonesia

Three Letter Code Bandara