Pengertian Black Box dan Peran Black Box


Black box atau kotak hitam adalah suatu perangkat pada pesawat yang merekam segala aktivitas selama penerbangan. Baik itu pembicaraan antara pilot dengan air traffic control (ATC) hingga mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca di selama penerbangan.

Tetapi walaupun Namanya Black Box tetapi warna dari Black Box Tersebut berwarna Orange,yang berfungsi agar memudahkan dalam melakukan pencarian Black Box tersebut pada saat terjadi kecelakaan termasuk di dalam laut.

Black box atau kotak hitam terdiri dari dua bagian peralatan terpisah, yaitu flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR).

FDR merekam data kecepatan pesawat, pergerakan pesawat selama terbang,ketinggian, percepatan vertikal, hingga aliran bahan bakar.

Sedangkan,
CVR merekam semua percakapn yang terjadi di Cockpit baik dari Captain ke Fo/Co-pilot dan dri Pilot ke ATC/Tower Pemandu Lalulintas Udara.
Oleh karena itu dalam suatu kecelakaan pesawat tim Investigasi sangat memerlukan Black Box tersebut untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Light Pada Pesawat Udara

Two Letter Code Maskapai Yang Berada Di Indonesia

Three Letter Code Bandara